Sabtu, 19 Januari 2013

silabus kelompok :

SILABUS MATEMATIKA BERKARAKTER

Sekolah                       : SMP
Kelas                             : VIII
Mata Pelajaran              : Matematika
Semester                       : I (satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
 
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1  Melakukan operasi aljabar
(Diana Dahlia)
Bentuk aljabar
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
·     Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
Tes tulis
Tes uraian
Tentukan hasil dari:
2x40mnt
Buku teks
Sikap kerja sama
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
·     Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
Tes tulis
Tes uraian
Tentukan hasil dari:
2x40mnt
Sikap kerja sama
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Bentuk aljabar
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel dengan ulet dan rasa ingin tahu
·     Menentukan faktor suku aljabar dengan ulet dan rasa ingin tahu
Tes lisan
Pertanyaan
Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:
4x + 3
(5a – 6)(4a+1)
2x40mnt
Sikap ulet dan rasa ingin tahu
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut dengan cermat dan teliti
·     Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya dengan cermat dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
Tentukan bentuk penjabaran dari !
2x40mnt
Sikap cermat dan teliti
1.2  Memahami relasi dan fungsi
(Dewi Wulan)
Relasi dan fungsi
Dengan berpikir logis siswa menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
·     Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan berpikir logis
Tes lisan
Pertanyaan
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
2x40mnt
Buku teks
Lingkungan
Berpikir logis
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi dengan cermat dan teliti
·      Dengan cermat dan teliti siswa dapat menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Tes tulis
Tes uraian
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
1x40mnt
Sikap cermat dan teliti
1.4 Menentu kan nilai fungsi
Fungsi
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitungnya
·     Menghitung nilai fungsi dengan cermat dan teliti
Tes tulis
Tes isian
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
1x40mnt
Sikap cermat dan teliti
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
·     Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
2x40mnt
Kreatif dan teliti
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
  (Nurasni)
Fungsi
2.1 Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi dengan cermat dan teliti
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius secara kreatif
·     Dengan cermat dan teliti siswa dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius secara kreatif
Tes tulis
Tes tulis
Tes isian
Tes uraian
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
x
0
1
2
3
f(x)
....
....
....
....
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2
2x40mnt
2x40mnt
Sikap cermat dan teliti
kreatif
1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus
   (Herlina Humaira)
Garis Lurus
Menemukan pengertian garis lurus dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.
·      Mengenal peramaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
Menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.
Tes tertulis
Uraian
Disajikan suatu persamaan
kemudian dibuat grafiknya dengan x variable pada himpunan bilangan nyata. Apakah yang terbentuk dari persamaan tersebut  ?. atau sebaliknya
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
Sikap cermat dan teliti
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak secara logis dan kreatif
Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk secara logis dan kreatif
Tes tulis
Tes uraian
Disajikan beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut !.
2x40mnt
Berpikir logis dan kreatif
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu secara cermat dan teliti
·         Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu secara cermat dan teliti
Tes tulis
Tes isian
Persamaan garis yang melalui titik (3,1) dan sejajar dengan garis berpersamaan  adalah.
2x40mnt
Sikap cermat dan teliti
Dengan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat menggambar garis lurus jika
-       melalui dua titik
-       melalui satu titik dengan gradien tertentu
-       persamaan garisnya diketahui
·         Menggambar grafik garis lurus dengan berpikir kritis dan kreatif
Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
2x40mnt
Berpikir kritis dan kreatif
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
 (Dinillah Kharisma)
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV secara kerja sama
·     Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV secara kerja sama
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Bentuk
   4x + 2 y = 2
     x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apakah variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
2x40mnt
Buku teks dan lingkungan
Sikap kerja sama
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel dengan berpikir logis dan teliti
·     Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel dengan berpikir logis dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Manakah yang merupakan SPLDV?
a.     4x + 2y = 2
 x – 2y = 4
b.     4x + 2y   2
x – 2y = 4
c.   4x + 2y >  2
x – 2y = 4
d.       4x + 2y – 2 = 0
 x – 2y – 4 = 0
2x40mnt
Berpikir logis dan teliti
Dengan kreatif dan teliti siswa dapat menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
·        Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi secara kreatif dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV berikut ini
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
2x40mnt
Kreatif dan teliti
2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
1.1  Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV secara kritis dan logis
·        Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV secara kritis dan logis
Tes tulis
Tes uraian
Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya.
2x40mnt
Berpikir kritis dan logis
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
 (Susi Fitri)
Sistem
Persamaan Linear
Dua Variabel
Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV secara kreatif dan teliti
-       Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya secara kreatif dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV berikut:
     2x + 3y = 8
     5x  - 2y =1
2x40mnt
Buku paket
Kreatif dan teliti
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya secara kritis dan kreatif
Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV
 4x + 5y = 19
 3x + 4y = 15  dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?
4x40mnt
Kritis dan kreatif











 
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
 (Yanti Silfia)
Teorema Pythagoras
Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi secara bekerja sama
·       Menemukan Teorema Pythagoras secara bekerja sama
Tes tulis
Tes uraian
Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
2x40mnt
Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
Sikap kerja sama
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku secara cermat dan teliti
·       Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui secara cermat dan teliti
Tes tulis
Tes uraian
Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm dan panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
2x40mnt
Sikap cermat dan teliti
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa secara kritis dan kreatif
·       Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600) secara kritis dan kreatif
Tes tulis
Tes uraian
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 13 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
4x40mnt
Berpikir kritis dan kreatif
3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan 
Teorema Pythagoras
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras secara kritis dan kreatif
·       Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa secara kritis dan kreatif
Tes tulis
Tes Uraian
Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = 8 cm. Hitung panjang sisi-sisi  BC dan AC.
2x40mnt
Berpikir kritis dan kreatif
Teorema Pythagoras
 Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan kreatif
·       Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan kreatif
Tes tulis
Tes uraian
Suatu persegi panjang mempunyai panjang 12 cm dan lebar 9 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
2x40mnt
Berpikir kritis dan kreatif
Keterangan:   Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan,  inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP/MTs...........
(............................................) 
NIP/NIK.............................


................, .... .... 20....
Guru Mata Pelajar
(............................................) 
NIP/NIK.............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar